9 Tip Menjadi Penyiar Radio Yang Baik

1. Cintai mic dengan seluruh jiwa dan segenap ragamu
Ketika anda terjun ke dunia siaran, anda sudah pasti bertemu mic sepanjang siaranmu face-to-face. Jadi kalo
anda tidak cinta dengan mic, bagaimana nasib siaranmu? Makanya, cintai mic itu dengan seluruh jiwa dan segenap ragamu dan sepanjang nafasmu. Cinta sama mic berarti anda bergairah setiap bertemu mic. Bergairah untuk segera bercengkrama dengan mic.

2. Punya wawasan yang luas
Seorang penyiar radio harus selalu update dengan apa yang saat ini terjadi. Punya wawasan yang luas dan menguasai materi itu wajib hukumnya. Sebelum siaran, pastijan dulu
anda itu sudah menguasai materi yang anda bawakan dan kalau pun belum, cari tahu dan persiapkan sebaik-baiknya. Anda itu seorang informan. Sekali anda salah siaran dengan sok tahu anda yang salah info, terlambatlah sudah.

3. Tahu pasti isi acara yang
anda bawakan
Jangan sampe tidak nyambung deh! Konsep acara harus
anda tahu dengan pasti sebelum anda siaran. itu wajib hukumnya bagi seorang anouncer.

4. Mempunyai gaya siaran yang sesuai dengan gaya siaran khas radio
anda
Tidak mungkin donk, radio
anda dengan gaya siaran khasnya anak muda dan anda bawain acara anda dengan gaya bahasan yang serius dan formal. Hal seperti itu biasa disebut "Jaka Sembung bawa golok, ga nyambung cuy....!"

5. Punya pergaulan yang luas
Sebagai penyiar,
anda itu harus memperluas pergaulan. Ini juga sebagai latihan bahwa pendengar anda bukan dari satu kalangan, tapi bisa berbagai kalangan dengan berbagai karakter. Bagaimana cara anda membawa diri dalam suatu lingkungan, bagaimana anda bisa nyambung ngobrol sama mereka. Itu semua akan menjadi bekal ketika anda siaran nanti. Selain itu, pergaulan yang luas berarti mempunyai tempat tongkrong dan pandangan yang berbeda-beda yang bisa anda share ke pendengar anda.

6. Update tentang lagu-lagu
Ga lucu dunk..., kalo pendengar
anda lebih up to date soal lagu daripada anda yang notabene adalah salah satu penyambung lidah dari pihak rekaman ke pendengar (baik secara langsung ataupun secara tidak langsung /red.).

7. Think out of the box
Sebagai penyiar,
anda itu harus bisa berpikir kreatif dan think out of the box. Anda itu punya pendengar yang menunggu-nunggu hal baru dari anda...!!! Buat apa mereka dengerin siaran anda, tapi bagi mereka basi banged.....!!! - (isi dari siaran anda itu-itu saja alias monoton, kurang variatif, dan ngak berkembang. Mereka butuh hal-hal baru yang bisa menambah wawasannya - posisikan anda sebagai pendengar, maka anda akan tahu hal-hal baru yang di tunggu-tunggu oleh seorang pendengar dari sang anouncer /red).

8. Jaga suara
anda baik-baik
Suaramu aset utamamu. Seorang penyanyi mempunyai banyak pantangan agar menjaga suaranya tetap indah. Bagi penyiar, lakukan apapun agar suara
anda tetep enak didengar dan jangan sampai menyakiti telinga pendengar - (serak, batuk, fales, dll. /red).

9. Tetap semangat......!!!
Apapun yang terjadi,
anda harus semangat. Jangan sampai pendengar terbawa suasana-suasana tidak enak karena masalahmu dan apapun yang terjadi dalam hidupmu. Keceriaan dan semangat siaranmu bisa jadi menjadi inspirasi dan motivasi mereka untuk menjalani hari-hari dengan ceria dan semangat pula. semangat.........!!!




Source: kurniafm and edit by red.
Share on Google Plus

About Nada FM Jember

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar